Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Localhost Server Untuk Bermain Game Online Tapi Offline

Localhost

Istilah localhost adalah untuk menyatakan komputer yang digunakan oleh user itu sendiri, dimana secara standarnya semua komputer dengan sistem operasi Windows maupun Linux mempunyai alamat jaringan dengan nilai 127.0.0.1 sebagai identitas lokal.

Ketika komputer lokal menjalankan sebuah aplikasi server terutama yang berbasis web, dan ingin melakukan pemanggilan aplikasi tersebut dari komputer itu sendiri maka ia akan menggunakan alamat 127.0.0.1 atau dengan perintah localhost.

Namun demikian sebenarnya ketika sebuah aplikasi server dijalankan pada sebuah system komputer, maka ia dapat di jangkau oleh komputer-komputer lainnya melalui koneksi jaringan Local Area Network, Wide Area Network bahkan Internet.

Demikian juga sebenarnya dengan game berbasis online yang dimainkan oleh user, aplikasi game yang dimiliki oleh user sebenarnya hanya berisi grafis-grafis dalam permainan, sedangkan alur cerita, map, permainan, database ada disisi server.

Jika kita memiliki server game sendiri, maka kita bisa menjalankannya dikomputer lokal kita sendiri kemudian memainkannya menggunakan aplikasi client game tersebut di komputer yang sama. Inilah yang dimaksud dengan bermain game online tetapi offline.

Dengan seting aplikasi client yang diarahkan ke konputer lokal maka ketika aplikasi game dijalankan, game client akan mengarah pada server game yang ada dikomputer yang sama dan ya game server tersebut secara bersamaan tetap dapat diakses dari jaringan LAN jika diiginkan.

Tentu saja server yang dimilikipun berbeda dari yang aslinya, karena biasanya server game yang beredar merupakan hasil cloning atau poyek yang dibuat oleh sekelompok programmer hobby yang mengiginkan membuat tiruannya.

Begitu juga dengan file-file yang tersaji disini merupakan hasil proyek yang saya dapatkan dari internet kemudian sempat saya dan team mengembangkannya lagi.

Posting Komentar untuk "Localhost Server Untuk Bermain Game Online Tapi Offline"