Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cikal Bakal Proyek Private Server Ini

Di tahun 2013 Mulghan meghentikan proyek private server miliknya yang bernama Chronicles Of Mithia, ia memulai proyek ini diawal tahun 2012.

Dalam unggahan pernyataannya ia pun melepas kode-kode servernya bagi khalayak umum, dimana didalamnya berisi sisa-sisa proyek lengkap milik Crhonicles Of Mithia. Namun didalamnya tidak disertai database game miliknya.

Mulghan

Karena tidak ada databasenya, menjadikan source code (kode sumber) ini sulit di bangun ulang pada awalnya, tambahan tidak ada penjelasan lengkap bagaimana menggunakan kode ini untuk dibangun kembali.

Mulghan2

Setelah beberapa lama saya memiliki file dari Mulghan tersebut saya mencoba untuk membangunnya kembali untuk bisa sekedar bermain di komputer sendiri alias localhost. Karena kesukaan saya pada semua aspek pada game ini.

Akhirnya beberapa lama saya sempat mecoba mencari teman yang bisa diajak mengaktifkan file ini, melalui blog pribadi.

Bahkan akhirnya saya share kembali di forum game mmo develoment RageZone di link berikut NexusTK Server.

Nobel

Beberapa waktu kemudian saya bertemu melalui forum dengan seseorang bernama Dandy dari Medan, kebetulan dia juga penggemar game ini. Bersama dia akhirnya kami bisa mengaktifkan game ini walau masih banyak kekurangannya.

Tahap demi tahap kami lalui hingga sedikit demi sedikit game dapat berjalan dengan basis engine ini. Didalam source code dari Mulghan ternyata memuat file-file map dan script-script milik private server Runegard yang pernah lama saya mainkan hingga hafal urutan mapnya.

Mulailah saya mencoba menyusun kembali map-map milik Runegard dengan harapan pelan-pelan bisa memainkannya kembali. Proyek saya beri nama TrowulanTK mengambil nama sebuah kota di Jawa yang menjadi pusat kota Majapahit dahulu.

Suatu hari saya bertemu dengan Rudi Cayadi dari Jakarta, singkat cerita dia mencoba membantu saya dengan proyek ini, rupanya dia punya server dan jadilah TrowulanTK online sejak itu untuk dikembangkan dan dimainkan untuk kalangan terbatas.

Pada akhirnya TrowulanTK yang menggunakan engine Mithia dan gameplay menyusun semuanya milik Runegard, baik dari map maupun quest nya. Ini saya lakukan dengan harapan hanya untuk bisa dimainkan saja.

Dengan adanya tambahan seorang team bernama Bintang dari Pontianak, akhirnya TrowulanTK berkembang dengan ditambahkan fitur yang berbeda dari RunegardTK dulu.

Diwaktu bersamaan masing-masing juga membuat game dengan nama yang berbeda, Dandy memilik proyek unik dengan nama MyNexia sedangkan Bintang punya proyek eNexia yang sampai tulisan ini saya buat, keduanya masih aktif online.

Dikarenakan kesibukan  dengan pekerjaan, sekitar 1 tahun online akhirnya TrowulanTK saya akhiri, namun demikian saya cukup merasa puas untuk bisa memainkannya dalam mode localhost sebagaimana sejak awal saya inginkan.

Belakangan saya tahu ternyata  RunegardTK yang akhirnya menghentikan pengembangannya, dikarenakan beberapa permasalahan termasuk diambilnya kode-kode tersebut untuk pembuatan Mithia, itu sebabnya pada file-file Mithia mengandung semua file-file milik Runegard.

Berikut cuplikan percakapan yang saya dapatkan dari Reddit :

[–]GiveniRogue 1 point 1 month ago

I have no idea what happened to Runegard. I haven't seen the only admin I knew from that project around in ages either. Now there's the Realm of Chaos: Extreme TK or whatever to take its place, though. That one is pretty good.  

[–]cinderstorm[S] 1 point 1 month ago

yeah I'm on Realm of Chaos right now - just seeing what happened to Runegard content... Not sure what the development effort/administration level is of RoC yet.

[–]RGLoki 1 point 25 days ago

Basically burned out. We had been working on the project from march 2007 til january 2012? A lot of our ideas made it in, but a lot didn't. People really do not understand how much work goes into making a game.

We lost Odin around 2011 due to irl issues or whatever and we weren't able to keep up with source updates. Arv or whatever his name was (Jake Evans) was pulled onto the team to help with some code. In the end he took the code without permission and started Mithia. This was pretty much the final nail, we shut down servers, and went our own way.

I still have access to all the Runegard content and databases. I moved part of it to PlayNexia where I am a Liaison/Consultant. You can find Uruzgard from the main warp map.

I communicate with Thor and Odin regularly but we do not have any desire to bring back Runegard at this time. Also, I wouldn't call it an "effort" but more of an accomplishment. Odin with the help of myself, Thor, Ark and a few others recreated nexus entirely and the server itself runs much faster than the actual Kru hosted servers.


3 komentar untuk "Cikal Bakal Proyek Private Server Ini"

  1. link untuk server Runegardnya linknya di block ya gan?

    BalasHapus
  2. masa sih bukannya lu ngambil data dari server gue di singapore ngaku-ngaku aja lu malah lu jual sourcenya ke orang lain kan... ngaku lu emang lu pikir gue nggak tau dasar maling bali :))

    BalasHapus