Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Halaman Arsip MMORPG NEXUSTK

Akhirnya terealisasi juga keinginan untuk membuat laman khusus dokumentasi pribadi file-file maupun catatan berkenaan dengan private server nexustk (situs resmi ada di nexustk.com).

Sebagai pendahuluan saya catatkan bahwa game MMORPG atau Massivly Multiplayer Online Role Playing Game, yang aslinya buatan Korea dengan nama Nexus The Kingdom Of The Winds ini, masuk ke Indonesia di tahun 2001 dan dikelola oleh perusahaan Boleh Game kemudian dikenal dengan nama NEXIA Online.

Game ini dikembangkan oleh Nexon Inc dari Korea sejak tahun 1993 sebagai sebuah proyek di lab KAIST (Korean Advanced Institutes of Science and Technology).

Namun sayangnya pada tahun 2004 lisensi game ini tidak diperpanjang, dimana kemudian BolehGame waktu itu memulai MMORPG lainnya yaitu Ragnarok Online (RO).

Nexia Old
Interface Lama

Pertama mengenal game ini ketika saya pernah beberapa waktu menjadi operator sebuah warnet, kebetulan waktu itu lagi booming game online nexia ini dan counter strike.

Pada awalnya saya juga heran, game ini begitu digilai waktu itu. Sampai sampai para pemainnya rela berjam-jam setiap hari memainkannya. Game ini juga mengharuskan pemainnya membayar ke pihak pengelola, dan kadang jika tidak sempat bermain, pemilik akun menyewa joki yang dipercaya untuk memainkannya.

Inti permainan ini ternyata sangat menarik, dimana pemilik akun memainkan sebuah karakter layaknya manusia di dunia nyata. Tiap-tiap karakter dapat berperan sebagai apa yang mereka inginkan, ada empat jenis karakter utama kemudian dapat memilih berbagai keahlian seperti menjahit, menempa, memancing, menambang, berburu, berdagang dan lain sebagainya.

Akhirnya disela-sela waktu, saya iseng mencoba bermain, dan disinilah menjadi awal ketertarikan saya dengan permainan atau game berjenis RPG ini.

Begitu banyak hal yang bisa kita lakukan pada jenis game ini dibandingkan jenis game lainnya, dimana memungkinkan karakter mengexplorasi dunia untuk bepetualang menyelesaikan misi utama sekaligus bisa melakukan kegiatan lain sebagai petualangan sampingan.

Saya masih ingat bagaimana sebuah karakter dapat mengumpulkan bahan-bahan langka dari hasil petualangan atau dengan cara berdagang dengan karakter lain sehingga dapat menciptakan sebuah senjata mistis yang diperjual belikan didunia nyata hingga berharga jutaan rupiah, Fantastis!

Walaupun game ini kini tidak lagi booming di Indonesia seperti dulu, namun para penggermar nya dahulu masih banyak yang menyukainya.

Bahkan sebagai game online pertama yang masuk di Indonesia, hingga kini beselang hampir 20 tahun, situs resminya masih aktif beroperasi dan terus dikembangkan.

New NexusTK
Interface Baru

Detail lain berkenaan game ini dapat dilihat pada postingan mendatang, saya juga menyediakan file-file yang bisa didownload, agar kamu bisa mencoba membuat proyek dengan game ini dirumah dan membuat jalan cerita sesuai yang kamu inginkan.

Baram
Interface Terbaru Baram Korea


Dengan file-file yang yang ada, kamu bisa mempelajari aspek-aspek pemprograman LUA, cara kerja sebuah game online, membuat alur cerita, menambahkan fitur pada game dan lain sebagainya.

Walaupun engine private server ini masih terdapat kekurangan tetapi sudah cukup stabil untuk dimainkan bersama teman-teman kamu sebagai hiburan dan media belajar.

Posting Komentar untuk "Halaman Arsip MMORPG NEXUSTK"